Untitled Document

Tuesday 23 April 2013

Potret Pendidikan Indonesia di Tahun 2013

Tahun 2013 ini sering di sebut sebut sebagai tahun sial dikarenakan berakhiran dengan angka 13 yang telah terkenal dengan angka sial. bagai mana potret pendidikan di Indonesia pada tahun 2013 ini? kelihatannya sih memang ditahun ini pendidikan di Indonesia sangat disoroti dikarenakan banyaknya kisruh di dalam sistem pendidikan di Indonesia pada tahun 2013 ini. Sepertinya sistem pendidikan di Indonesia yang sekarang ini perlu di pertimbangkan lebih dalam lagi.



Belum hilang dari ingatan kita tentang Ujian Nasional tingkat SMA yang dimulai pada tanggal 15 April 2013 yang lalu. banyak sekali kekurangan yang menyebabkan Ujian Nasional pada tahun ini dikatakan "gagal". Mulai dari adanya masalah dikarenakan 11 provinsi yang ada di Indonesia tidak dapat melakukan Ujian Nasional dikarenakan belum datangnya naskah Ujian Nasional yang dikirim dari pusat (Jakarta) ke provinsi tersebut hingga naskah Ujian Nasional yang diperbolehkan untuk di foto copy. Kiat kiat pemerintah untuk mengantisipasi kebocoran Ujian Nasional tahun ini ternyata malah menghasilkan kegagalan pada Ujian Nasional itu sendiri. Pemerintah merubah sistem Ujian Nasional dengan membuat 20 paket soal dengan barcode dan dicetak dalam waktu dekat dengan pelaksanaan Ujian Nasional agar setiap siswa dalam 1 kelas tidak mendapatkan soal yang sama dan tidak terjadi kebocoran pada Ujian Nasional tahun ini, tetapi hal itu dilakukan dengan tidak memperhitungkan dampak yang akan terjadi kedepannya. Akibat dari hal tersebut adalah soal soal atau naskah Ujian Nasional tidak dapat di distribusikan dengan baik dikarenakan begitu dekatnya waktu pencetakan soal Ujian Nasional dengan pelaksanaannya.

Ujian Nasional tingkat SMA selesai pada tanggal 18 April 2013, tetapi masih ada beberapa provinsi yang belum dapat melaksanakan Ujian Nasional dikarenakan belum juga mendapat naskah Ujian Nasional dari pusat. Setelah selang 4 hari, pada hari Senin 22 April 2013 dilaksanakan Ujian Nasional untuk tingkat SMP. banyak yang mengira bahwa kejadian pada kegiatan Ujian Nasional di tingkat SMA tidak terjadi untuk Ujian Nasional di tingkat SMP, tetapi kenyataan berkata lain. Masih ada beberapa provinsi yang harus menunda jadwal ujian Nasional dikarenakan belum mendapat naskah dan ada juga beberapa sekolah yang mendapat naskah Ujian Nasional foto copy.

Mungkin kejadian diatas menunjukan bahwa pendidikan di Indonesia tahun 2013 ini sangat kacau, tetapi admin berharap pemerintah dapat dengan cepat menyelesaikan masalah ini sehingga pada tahun mendatang kejadian ini tidak lagi terulang.

Semoga artikel ini bermanfaat JBU Indonesia :)

0 comments:

Post a Comment

DILARANG SPAM, SARA dan yang menyimpang dari Undang Undang dan DILARANG mencantumkan LIVE LINK!! Thanks

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes